Manfaat Internet Bagi Pelajar di Bidang Pendidikan

Manfaat Internet Bagi Pelajar di Bidang Pendidikan

Manfaat Internet Bagi Pelajar di Bidang Pendidikan

Sejak diciptakan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, kehadiran internet memiliki banyak manfaat. Manfaat internet bagi pelajat di bidang pendidikan merupakan manfaat yang sangat terasa. 

Pada awal mulanya internet hanya dikembangkan untuk keperluan militer saja hingga kini hampir semua kegiatan manusia melibatkan jaringan internet untuk mempermudah aktifitasnya. Perkembangan teknologi yang bebasis internet kini sudah merambah keberbagai bidang mulai dari bidang ekonomi hingga bidang transportrasi.

Manfaat perkembangan teknologi berbasis internet juga dapat dirasakan dalam hal memperoleh informasi, efisiensi menjadi salah satu manfaat yang dirasakan karena seseorang tidak perlu mencari informasi dengan datang ke kantor, sekolah, atau pun instansi-instansi lainya untuk memperoleh informasi yang diinginkan, cukup hanya dengan mencarinya di mesin pencari informasi seperti google seseorang dapat memperoleh informasi yang diinginkan. 

Manfaat ini dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, pelaku usaha, hingga pemerinah. Namun kemudahan-kemudahan yang dirasakan dari perkembangan teknologi internet berbanding lurus dengan penyalahgunan bahkan hingga tindakan yang mengarah pada kriminal. 

Dan pada pembahasan kali ini kami akan membahas manfaat dari internet bagi mahasiswa,pelaku usaha, dan pemerintah dalam pencarian informasi serta apa saja sisi negative dari internet tersebut.


Apa Manfaat Internet Dalam Kehidupan Kita ?

Manfaat Internet  Bagi Pelajar dan Mahasiswa

  • Pelajar dan mahasiswa mudah dalam mencari informasi serta pendidikan melalui internet
  • Pelajar dan mahasiswa dapat mencari pengetahuan yang sangat luas dari internet.
  • Tersedianya berbagai refensi yang dapat diakses untuk menunjang aktifitas belajar sangat membantu mahasiswa dalam menambah wawasan dan ilmu.
  • Kehadiran internet juga dapat mempermudah Pelajar dan mahasiswa dalam hal berkomunikasi dan diskusi melalui grup social media atau website khusus yang memang diperuntukan untuk berdiskusi dan berbagi informasi.

Manfaat Internet Bagi Pelaku Bisnis

  • Pelaku bisnis bisa memasarkan produk yang mudah di internet
  • mempermudah dalam berinteraksi dengan konsumen untuk bernegosiasi
  • kemudahan dalam melakukan transaksi

Manfaat Internet bagi Pemerintahan

  • Manfaat internet dalam suatu institusi dapat membuat pekerjaan semakin efektif. Untuk dinas pemerintahan internet  akan sangat membantu dalam mensukseskan program E-Government. Dallam E-Government internet menjadi teknologi yang berperran dalam proses penyediaan dan transfer informasi dari pemerintahan kepada pihak lain, misalnya warga masyarakat atau sebaliknya.
  • Dengan program E-Government tersebut, suatu dinas pemerintahan local maupun nasional dapat mempresentasikan ke unggulan dan potensi-potensi daerah masing-masing seperti potensi usaha, potensi pariwisata, kekayaan dan sumber daya alam dan sebagainya. Sehingga akan sangat membantu pelayanan terhadap masyarakat luar maupun masyarakat sepempat yang membutuhkan informasi tentang daerah yang dimaksud.
  • Dengan demikian secara tidak langsung akan membantu perkembangan suatu daerah, dalam hal ekonomi, sosial, kebudayaan dan lainya. Orang lain akan dapat mengetahui peluang-peluang usaaha di suatu daerah dengan mudah melalui E-Government itu. Begitu juga masyarakat setempat akan dapat mempresentasikan kekayaan atau produk-produk daerah setempat, sehinggan masyarakat luar dapat mengetahuinya.


SISI NEGATIF DARI INTERNET DALAM PENCARIAN INFORMASI

Pelajar dan mahasiswa

  • Internet digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat
  • Pelajar dan mahasiswa cenderung tidak menggunakan internet sebagai media Pembelajaran.
  • Kecanduan Internet yang berdampak pada kesehatan mental pelajar.

Bagi Pelaku Usaha

  • Kurangnya pengetahuan internet bagi konsumen dan banyak konsumen tidak tahu produk-produk di internet.
  • Banyaknya penipuan di internet maka konsumen lebih hati-hati dalam memilih suatu produk yang dijual.
  • Tidak semua website yang dibangun oleh pelaku bisnis sesuai dengan kebutuhan konsumen untuk mempermudah konsumen dalam memperoleh informasi tentang produk.



Manfaat Internet Bagi Pelajar di Bidang Pendidikan